Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memaparkan ajang Beautiful Malino II di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin, 9 Juli 2018. Adnan yang diterima Deputi Wilayah I Kemenpar I Gede Pitana, Sekretaris Deputi Edy Wardoyo dan Wakil Direktur Promosi Wilayah Sulawesi Ita juga sekaligus menyampaikan undangan kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk hadir di event tahunan tersebut.

Adnan menyatakan besarnya harapan Pemerintah Kabupaten Gowa agar event Beautiful Malino bisa masuk dalam kalender event nasional. “Pemerintah Kabupaten Malino penuh harap agar event ini masuk dan menjadi kalender event nasional. Pemkab juga telah melakukan kerjasama dalam mewujudkan Kebun Raya Malino sebagai program jangka panjang. Sementara untuk jangka pendek Pemkab Malino telah membangun infrastruktur perbaikan dan pelebaran jalan poros Malino sepanjang 64 kilo meter,” ujar Adnan yang didampingi sejumlah pejabat terkait Pemkab Gowa. Ia berharap pada 2019 mendatang ikon Beautiful Malino resmi masuk destinasi nasional.

Hal lain yang telah dibenahi Pemkab Gowa, menurut Adnan, adalah mendesign pintu gerbang Malino sehingga menjadi lebih menarik dan indah.

I Gede Pitana menyambut baik dan menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Gowa yang begitu serius menyadari pentingnya melakukan event seperti Beautiful Malino II. “Ini merupakan cara yang sangat efektif dalam memperkenalkan daerah. Saya sangat berharap Kabupaten Gowa harus memiliki semangat, dan Beautiful Malino  ini menjadi event yang sangat ditunggu-tunggu,” ujarnya.

Terkait apakah event ini bisa masuk menjadi kalender nasional, menurut I Gede Pitana, syaratnya adalah event ini dapat terselenggara tiga kali berturut-turut dan diikuti oleh peserta lokal, nasional dan internasional. “Juga harus ada komitmen daerah untuk menjadikan event ini berkelanjutan,” katanya.

Beautifu Malino II akan digelar pada 14-15 Juli 2018. Acara diharapkan berlangsung meriah dan menyedot banyak wisatawan dengan menghadirkan band ibukota Kotak dan D’Masiv.

Beberapa agenda wisata yang akan melengkapi event Beautiful Malino II, yakni perencanaan pembangunan museum di Malino yang isinya antara lain menyimpan sejarah, perdamaian Poso, perdamaian Ambon dan hal-hal bersejarah lainnya.(*)

Sumber: inforial.tempo.co